Fungsi bimbingan dan konseling
Setiap layanan dan kegiatan BK termasuk materi
bimbingan kionseling yang akan di laksanakan harus secara langsung mengacu pada
satu atau lebih fungsi-fungsi BK agar hasil yang akan di capai secara jelas
dapat di identifikasi dan dievaluasi. Fungsi BK meliputi:
1. Fungsi
pemahaman
Fungsi pemahaman yaitu fungsi BK
yang akan menghasilkan pemahaman tentang
sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan keperluan pengembangan siswa,
seperti:
a. Pemahaman
tentang diri peserta didik
b. Pemahaman
tentang lingkungan peserta didik dalam hal lingkungan keluarga dan sekolah
c. Pemahaman
tentang lingkungan yang lebih luas di antaranya yaitu: informasi pendidikan,
informasi pekerjaan, informasi budaya dan etika
2. Fungsi
pencegahan
Fungsi penyegahan yaitu fungsi BK
yang mengasilkan tercegah dan terhindarnya siswa dari berbagai permasalahan
yang akan dapat mengganggu, menghambat atau pun menimbulkan kesulitan-kesulitan
dalam proses perkembangannya.
3. Fungsi
perbaikan
Fungsi perbaikan yaitu fungsi BK
yang menghasilkan terpecahkan atau teratasinya bergabai masalah yang dialami
oleh siswa
4. Fungsi
pemeliharaan dan pengembangan
Fungsi pemeliharaan dan
pengembangan yaitu fungsi BK yang akan menghasilkan terpelihara dan
berkembangnya berbagai potensi dan kondisi siswa dalam rangka perkembangan
secara tuntas dan berkelanjutan
Bidang Bimbingan
Dalam Bimbingan konseling ada beberapa bidangg yang
harus di pelajari guna mencapai aktualisasi dalam BK yaitu:
1. Bidang
bimbingan pribadi-sosial
Bidang bimbingan pribadi-sosial proses
bimbingan guna mencapai tujuan dan tugas perkembangan pribadi-sosial dalam
mewujudkan pribadi yang taqwa, mandiri dan bertanggung jawab. Adapun tugas
perkembangan dalam pribadi –sosial di maksudkan agar peserta didik agar mampu :
a. Memiliki
kesadaran diri , yaitu peserta didik
dapat menggambarkan penampilan dan mengenal kekhususan diri
b. Mengembangkan
sikap positif dan memahami orang-orang di senangi
c. Dapat
membuat pilihan secara sehat
d. Dapat
menghargai orang lain
e. Dapat
bertanggunga jawab
f. Dapat
mengembangkan keterampilan hubungan antar pribadi
g. Dapat
menyelesaikan konflik dengan baik
h. Dapat
memutuskan keputusan secara efektif
Selain mencapai tugas
perkembangan dalam pribadi, dalam bimbingan pribadi-sosial memerlukan materi
layanan bimbingan pribadi-sosial anatara
lain:
a. Mengendalikan
atau mengarahkan emosi
b. Memiliki
nilai kehidupan untuk mengambil keputusan atau pemecahan masalah
c. Memahami
perkembangan psikoseksual yang sehat
d. Memahami
prasngka dan mengkaji akibatnya
e. Dapat
memenej waktu
f. Lingkungan
sekolah, rumah dan masyarakat serta keterkaitannya
g. Memahami
situasi dan cara-cara mengendalikan konflik
h. Membuat
keputusan dengan berbagai resiko
i.
Mengenal dan
menerima keunikan diri
j.
Berfikir dan
bersikap positif pada diri sendiri dan orang lain
k. Pemanfaatan
waktu luang atau keterampilan pribadi untuk kesehatan fisik dan mental
l.
Menilai keadaan
dan keefektifan hubungan sosial dan keluarga
m. Relasi
keterampilan komunikasi positif sepanjang hayat
2. Bidang
bimbingan belajar
Bidang bimbingan belajar yaitu
proses bimbingan yang di berikan pada peserta didik agar peserta didik mencapai
tujuan dan tugas perkembangan pendidikan. Tugas perkembangan dalam proses
bidang bimbingan belajar ini di lakukan guna membentuk peserta didik agar
mampu:
a. Melaksanakan
keterampilan atau teknik belajar secara efektif
b. Menetapkan
tujuan dan perencanaan pendidikan
c. Belajar
secara efektif
d. Terampil
dan mampu dalam menghadapi evaluasi atau ujian
Untuk mencapai
kesuksesan dalam bidang bimbingan belajar memerlukan materi yang layanan
bimbingan di sekolah yang sesuai dengan kebutuhan, menyesuaikan situasi ,
kondisi, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan sosial seperti ;
a. Belajar
efektif untuk keberhasilan atau prestasi peserta didik
b. Mengukur
kemampuan diri dalam belajar
c. Mengatur
dan menggunakan waktu untuk belajar
d. Evaluasi
keberhasilan dan kegagalan dalam mengikuti ulangan
e. Mengumpulkan
atau mempelajari informasi penjurusan
f. Mengenal
perguruan tinggi
g. Belajar
sepanjang hayat
h. Memahami
tujuan pendidikan
i.
Siap memasuki
perguruan tinggi
j.
Siap menghadapi
tantangan di luar
3. Bidang
bimbingan karir
Bidang bimbingan karir juga perlu
di sampaikan pada peserta didik untuk mewujudkan pribadi pekerja yang
produktif, tugas perkembangan karir ini dimaksudkan agar siswa mampu:
a. Membentuk
identitas karir
b. Membentuk
pola atau kecenderungan arah kair
c. Merencanakan
masa depan
d. Mengenal
keterampilan, kemampuan dan bakat peserta didik
Sama halnya dengan
bidang bimbingan pribadi-sosian dan bidang bimningan belajar bidang bimbingankarir
pun harus menyesuaikan kebutuhan, menyesuaikan situasi , kondisi, serta
perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan sosial seperti ;
a. Memahami
pola pikir
b. Fleksibel
dalam memilih karir
c. Merencanakan
study lanjut
d. Mengembangan
kecapakan bakat, minat, keterampilan untuk keberhasilan hidup
e. Mengembangkan
keterampilan guna antisipasi perubahan
f. Mengenal
konflik peranan yang mungkin terjadi dalam lingkunagn karir
g. Legalitas
untuk keamanan dan kepastian bekerja
h. Menata
kembali tujuan-tujuan karir
i.
Peranan keluarga
dan pekerjaan
j.
Mampu menangani
diskriminasi dalam dunia keja[1]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar