Jumat, 01 Desember 2017

Fungsi bimbingan dan konseling
Setiap layanan dan kegiatan BK termasuk materi bimbingan kionseling yang akan di laksanakan harus secara langsung mengacu pada satu atau lebih fungsi-fungsi BK agar hasil yang akan di capai secara jelas dapat di identifikasi dan dievaluasi. Fungsi BK meliputi:
1.      Fungsi pemahaman
Fungsi pemahaman yaitu fungsi BK yang akan menghasilkan pemahaman  tentang sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan keperluan pengembangan siswa, seperti:
a.       Pemahaman tentang diri peserta didik
b.      Pemahaman tentang lingkungan peserta didik dalam hal lingkungan keluarga dan sekolah
c.       Pemahaman tentang lingkungan yang lebih luas di antaranya yaitu: informasi pendidikan, informasi pekerjaan, informasi budaya dan etika
2.      Fungsi pencegahan
Fungsi penyegahan yaitu fungsi BK yang mengasilkan tercegah dan terhindarnya siswa dari berbagai permasalahan yang akan dapat mengganggu, menghambat atau pun menimbulkan kesulitan-kesulitan dalam proses perkembangannya.
3.      Fungsi perbaikan
Fungsi perbaikan yaitu fungsi BK yang menghasilkan terpecahkan atau teratasinya bergabai masalah yang dialami oleh siswa
4.      Fungsi pemeliharaan dan pengembangan
Fungsi pemeliharaan dan pengembangan yaitu fungsi BK yang akan menghasilkan terpelihara dan berkembangnya berbagai potensi dan kondisi siswa dalam rangka perkembangan secara tuntas dan berkelanjutan

Bidang Bimbingan
Dalam Bimbingan konseling ada beberapa bidangg yang harus di pelajari guna mencapai aktualisasi dalam BK yaitu:
1.      Bidang bimbingan pribadi-sosial
Bidang bimbingan pribadi-sosial proses bimbingan guna mencapai tujuan dan tugas perkembangan pribadi-sosial dalam mewujudkan pribadi yang taqwa, mandiri dan bertanggung jawab. Adapun tugas perkembangan dalam pribadi –sosial di maksudkan agar peserta didik agar mampu :
a.       Memiliki kesadaran diri , yaitu  peserta didik dapat menggambarkan penampilan dan mengenal kekhususan diri
b.      Mengembangkan sikap positif dan memahami orang-orang di senangi
c.       Dapat membuat pilihan secara sehat
d.      Dapat menghargai orang lain
e.       Dapat bertanggunga jawab
f.       Dapat mengembangkan keterampilan hubungan antar pribadi
g.      Dapat menyelesaikan konflik dengan baik
h.      Dapat memutuskan keputusan secara efektif
Selain mencapai tugas perkembangan dalam pribadi, dalam bimbingan pribadi-sosial memerlukan materi layanan bimbingan  pribadi-sosial anatara lain:
a.       Mengendalikan atau mengarahkan emosi
b.      Memiliki nilai kehidupan untuk mengambil keputusan atau pemecahan masalah
c.       Memahami perkembangan psikoseksual yang sehat
d.      Memahami prasngka dan mengkaji akibatnya
e.       Dapat memenej waktu
f.       Lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat serta keterkaitannya
g.      Memahami situasi dan cara-cara mengendalikan konflik
h.      Membuat keputusan dengan berbagai resiko
i.        Mengenal dan menerima keunikan diri
j.        Berfikir dan bersikap positif pada diri sendiri dan orang lain
k.      Pemanfaatan waktu luang atau keterampilan pribadi untuk kesehatan fisik dan mental
l.        Menilai keadaan dan keefektifan hubungan sosial dan keluarga
m.    Relasi keterampilan komunikasi positif sepanjang hayat

2.      Bidang bimbingan belajar
Bidang bimbingan belajar yaitu proses bimbingan yang di berikan pada peserta didik agar peserta didik mencapai tujuan dan tugas perkembangan pendidikan. Tugas perkembangan dalam proses bidang bimbingan belajar ini di lakukan guna membentuk peserta didik agar mampu:
a.       Melaksanakan keterampilan atau teknik belajar secara efektif
b.      Menetapkan tujuan dan perencanaan pendidikan
c.       Belajar secara efektif
d.      Terampil dan mampu dalam menghadapi evaluasi atau ujian
Untuk mencapai kesuksesan dalam bidang bimbingan belajar memerlukan materi yang layanan bimbingan di sekolah yang sesuai dengan kebutuhan, menyesuaikan situasi , kondisi, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan sosial seperti ;
a.       Belajar efektif untuk keberhasilan atau prestasi peserta didik
b.      Mengukur kemampuan diri dalam belajar
c.       Mengatur dan menggunakan waktu untuk belajar
d.      Evaluasi keberhasilan dan kegagalan dalam mengikuti ulangan
e.       Mengumpulkan atau mempelajari informasi penjurusan
f.       Mengenal perguruan tinggi
g.      Belajar sepanjang hayat
h.      Memahami tujuan pendidikan
i.        Siap memasuki perguruan tinggi
j.        Siap menghadapi tantangan di luar
3.      Bidang bimbingan karir
Bidang bimbingan karir juga perlu di sampaikan pada peserta didik untuk mewujudkan pribadi pekerja yang produktif, tugas perkembangan karir ini dimaksudkan agar siswa mampu:
a.       Membentuk identitas karir
b.      Membentuk pola atau kecenderungan arah kair
c.       Merencanakan masa depan
d.      Mengenal keterampilan, kemampuan dan bakat peserta didik
Sama halnya dengan bidang bimbingan pribadi-sosian dan bidang bimningan belajar bidang bimbingankarir pun harus menyesuaikan kebutuhan, menyesuaikan situasi , kondisi, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan sosial seperti ;
a.       Memahami pola pikir
b.      Fleksibel dalam memilih karir
c.       Merencanakan study lanjut
d.      Mengembangan kecapakan bakat, minat, keterampilan untuk keberhasilan hidup
e.       Mengembangkan keterampilan guna antisipasi perubahan
f.       Mengenal konflik peranan yang mungkin terjadi dalam lingkunagn karir
g.      Legalitas untuk keamanan dan kepastian bekerja
h.      Menata kembali tujuan-tujuan karir
i.        Peranan keluarga dan pekerjaan
j.        Mampu menangani diskriminasi dalam dunia keja[1]



[1] RPLBK SMA N 1 Cilimus tahun ajaran 2017-2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar