CONTOH
RPL LAYANAN KEGIATAN BIMBINGAN KLASIKAL
Nama :
Uswatun Hasanah
NIM : 1415306071
Kampus : IAIN SENJA Cirebon
No.
|
Layanan
|
Layanan Dasar
|
1.
|
Bidang Bimbingan
|
Bimbingan Pribadi dan Sosial
|
2.
|
Jenis Bimbingan
|
Bimbingan Klasikal
|
3.
|
Jenis Layanan
|
Informasi
|
4.
|
Sekolah
|
MAN 5 Cirebon
|
5.
|
Kelas/ tahun pelajaran
|
XI IPA /2017-2018
|
6.
|
Waktu
|
1 X 45 Menit
|
7.
|
Standar Kompetensi /Aspek perkembangan
|
Pembangunan Pribadi
|
8.
|
Tujuan
|
Siswa mengetahui tujuan hidup di dunia
dan dapat memberi makna atas keberadaan hidupnya di dunia
|
9.
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Mempelajari
keunikan diri secara harmonis dalam konteks kehidupan sosial
2.
Menerima
keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya
3.
Menampilkan
keunukan diri secara harmonis
|
10.
|
Indikator
|
1.
Memiliki pemahaman
tentang untuk apa aku lahir dan hidup
2.
Memiliki makna
atas keberadaan hidupnya di dunia
|
11.
|
Materi
|
Tujuan hidup (untuk apa lahir dan
hidup)
|
12.
|
Metode/ Tehnik
|
Ceramah, diskusi, brain storming, dan
ice breaking
|
13.
|
Alat dan Bahan
|
Artikel, power point, LCD
|
14.
|
Buku Sumber
|
Bimbingan dan Konseling , Realita
Multyaningsih
|
15.
|
Langkah Layanan
|
1.
Tahap
pembukaan/awal
a. Konselor membuka kegiatan dengan mengucap salam
dan menyapa siswa di dalam kelas
b. Konselor mengabsen siswa
c. Menjelaskan secara singkat maksud dan tujuan
materi yang akan di bahas
2.
Tahap
peralihan/transisi
a. Konselor menyiapkan hal-hal yang diperlukan
b. Konselor memberi isyarat bahwa kegiatan inti akan
di mulai pembahasan akan terfokus
3.
Tahap inti
a. Menuliskan topik bahasan di papan tulis
b. Menayangkan dan menjelaskan power point tentang
topik bahasan
c. Mengekspolrasi pendapat beberapa siswa tentang
tujuan hidup dan makna hidup di dunia
d. Membantu membahas makna yang tergantung dari topik
layanan
4.
|
16.
|
Evaluasi dan Tindak Lanjut
|
1.
Evaluasi
a. Penilaian segera (laiseg) : siswa terlibat aktif
dalam pembahasan materi
b. Penilaian jangka panjang : siswa memahami tentang
pokok materi ( menerapkan komunikasi efektif dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Tindak Lanjut
Bimbingan
konseling, konseling kelompok dan konseling individual
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar