Sabtu, 09 Desember 2017

contoh RPL Layanan Kegiatan Bimbingan Klasikal

CONTOH RPL LAYANAN KEGIATAN BIMBINGAN KLASIKAL
Nama              : Uswatun Hasanah
NIM                : 1415306071
Kampus           : IAIN SENJA Cirebon

No.
Layanan
Layanan Dasar
1.
Bidang Bimbingan
Bimbingan Pribadi dan Sosial
2.
Jenis Bimbingan
Bimbingan Klasikal
3.
Jenis Layanan
Informasi
4.
Sekolah
MAN 5 Cirebon
5.
Kelas/ tahun pelajaran
XI IPA /2017-2018
6.
Waktu
1 X 45 Menit
7.
Standar Kompetensi /Aspek perkembangan
Pembangunan Pribadi
8.
Tujuan
Siswa mengetahui tujuan hidup di dunia dan dapat memberi makna atas keberadaan hidupnya di dunia
9.
Kompetensi Dasar
1.      Mempelajari keunikan diri secara harmonis dalam konteks kehidupan sosial
2.      Menerima keunikan diri dengan segala kelebihan dan kekurangannya
3.      Menampilkan keunukan diri secara harmonis
10.
Indikator
1.      Memiliki pemahaman tentang untuk apa aku lahir dan hidup
2.      Memiliki makna atas keberadaan hidupnya di dunia
11.
Materi
Tujuan hidup (untuk apa lahir dan hidup)
12.
Metode/ Tehnik
Ceramah, diskusi, brain storming, dan ice breaking
13.
Alat dan Bahan
Artikel, power point, LCD
14.
Buku Sumber
Bimbingan dan Konseling , Realita Multyaningsih
15.
Langkah Layanan
1.      Tahap pembukaan/awal
a.       Konselor membuka kegiatan dengan mengucap salam dan menyapa siswa di dalam kelas
b.      Konselor mengabsen siswa
c.       Menjelaskan secara singkat maksud dan tujuan materi yang akan di bahas
2.      Tahap peralihan/transisi
a.       Konselor menyiapkan hal-hal yang diperlukan
b.      Konselor memberi isyarat bahwa kegiatan inti akan di mulai pembahasan akan terfokus
3.      Tahap inti
a.       Menuliskan topik bahasan di papan tulis
b.      Menayangkan dan menjelaskan power point tentang topik bahasan
c.       Mengekspolrasi pendapat beberapa siswa tentang tujuan hidup dan makna hidup di dunia
d.      Membantu membahas makna yang tergantung dari topik layanan
4.       
16.
Evaluasi dan Tindak Lanjut
1.      Evaluasi
a.       Penilaian segera (laiseg) : siswa terlibat aktif dalam pembahasan materi
b.      Penilaian jangka panjang : siswa memahami tentang pokok materi ( menerapkan komunikasi efektif dalam kehidupan sehari-hari.
2.      Tindak Lanjut
Bimbingan konseling, konseling kelompok dan konseling individual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar